Selasa, 09 Agustus 2016

Jenesys 2015 (Perjalanan 9 hari di Jepang)


JENESYS (JAPAN EAST ASIA NETWORK OF EXCHANGE FOR STUDENT AND YOUTH)

おはようございます!!!
Hello people, kali ini saya akan menceritakan pengalaman berharga mengunjungi negara impian banyak orang, terutama anak muda..uyyeee ^^//
Jenesys adalah program pertukaran pemuda dari pemerintah Jepang yaitu JICE (Japan International Cooperation Center). Dalam Program ini, pemerintah Jepang mengundang generasi muda yang berasal dari negara-negara anggota ASEAN.
Program Jenesys biasanya 9 hari terhitung naik pesawat selama 8 jam. Dalam batch saya, program ini mengundang beberapa mahasiswa dari tiap-tiap universitas terbaik di seluruh Indonesia. Di kampus saya, Universitas Hasanuddin, dibukalah seleksi untuk mengikuti program Jenesys ini, waktu itu kami diberikan tes interview bahasa inggris dan bahasa jepang. Akhirnya, terpilihlah 5 orang termasuk saya untuk mengikuti program pertukaran pemuda ini. Tak lama kemudian, terbentuklah grup chat Line yang beranggotakan 100 orang peserta Jenesys.
Program ini mengcover segala jenis pembiayaan, dengan fasilitas tingkat tinggi kategori VIP. Saya merasa sangat beruntung bisa merasakan perjalanan fantastis dalam program ini.
Okay, langsung saja ke intinya, cerita yang sudah tak sabar ingin dibaca..ahaha
Cerita perjalanan 9 hari di Jepang, saya akan menceritakan jadwal kami dari hari pertama sampai hari terakhir.

12/01/15
Airport to Airport
Banda Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar

Hari pertama, dengan penuh rasa suka cita di hati bercampur bangga dan haru serta jantung berdebar kencang (mendramatisir), kamipun ke bandara dengan membawa koper dan keluarga kami masing-masing yang juga penuh rasa bangga mengantar kami. Hari ini, tepatnya tanggal 12 Januari 2015, adalah hari di mana mimpi yang telah lama kami dambakan, akhirnya menjadi nyata!! Alhamdulillah..saya sangat bersyukur kepada Allah SWT. Saya tak pernah membayangkan selama ini, bisa berada pada momen seperti hari ini, hari pemberangkatan menuju impian.

Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta

Dari Makassar, kami berangkat dengan Garuda menuju Jakarta. Tiba di bandara, kami langsung mencari kaum kami (kaum Jenesys) dengan simbol pita merah putih di koper. Bisa dibayangkan, ada 100 orang mahasiswa dari seluruh Indonesia bertemu di bandara dan saling mencari.
Ketika itu saya merasa ada yang lucu, setiap bertemu dengan orang yang memiliki pita tersebut, kami pasti bertanya, "Jenesys yah?", kadang disambung dengan lelucon, "ohh..bukan, saya (menyebutkan nama)". Yahh..mungkin memang hanya bercanda yang bisa dilakukan bila bertemu dengan orang baru.
Setelah berkumpul dengan seluruh peserta dan panitia Jenesys, kamipun diberi sedikit penjelasan, saling berkenalan dan diberi waktu untuk beristirahat, makan, dan sholat sambil menunggu jadwal keberangkatan. Lumayan lama kami berkeliling di bandara, dari siang sampai malam.
Jam keberangkatan pun tiba, saya sangat terharu dengan telepon dari ayah saya,"sudah mau berangkat? hati-hati nak, selamat sampai tujuan". Baru kali ini saya merasakan haru dengan kata-kata seperti itu. Mungkin karna momen yang berbeda dan perasaan bangga bisa membuktikan ke orangtua, keluarga, dan teman-teman bahwa saya akhirnya bisa menggapai mimpi saya.
Naik pesawat Japan Airlines, yang katanya harga tiketnya itu 7 Juta Rupiah sekali berangkat, memang sih fasilitas dalam pesawatnya terbilang keren. Perjalanan memakan waktu 8 jam, karena berangkatnya malam, kita bisa tidur sampai pagi, dengan pesawat yang tenang tanpa gucangan. Dimulailah perjalanan memakai dan mendengar bahasa jepang dimana-mana. Mulai dari Pramugari, Pilot, Co-Pilot, orang-orang dalam pesawat, sampai di Jepang nanti semuanya serba bahasa Jepang. ^^

13/01/15 jam 10.00
Setelah terbang selama 8 jam, rasa lelah dan capek di dalam pesawat terbayarkan dengan tibanya kita di negeri impian. WELCOME TO JAPAN ^^/
kami tiba subuh dan seketika semangat menyambut hari walaupun belum mandi :D
melihat keluar dari jendela pesawat sambil bertanya-tanya "apa ini nyata?", "apa ini bukan mimpi?"
semua mahasiswa di dalam pesawat tentu sudah tak sabar ingin menginjakkan kakinya di negri doraemon ini. Melangkahkan kaki keluar pesawat disambut cuaca dingin yang tak pernah kami rasakan di Indonesia, apalagi Makassar yang panasnya luar biasa.
baju dan jaket yang saya kenakan ternyata tak cukup hangat, masih terasa dinginnya sampai ke tulang. Rasa bahagia yang tak bisa kami utarakan dengan kata-kata ketika telah sampai di Bandara International Tokyo, yang bisa kami lakukan apa kira-kira? Jelassss...tak henti-hentinya foto di sana sini..ahahaha
setelah mengurus bagasi di bandara, kamipun langsung di ajak visit Tokyo Metropolitan Government Building. Perjalanan ke sana sekitar 2 jam dan telah masuk pagi hari. kami naik bus ke sana sambil menikmati pemandangan pagi hari kota Tokyo.

               gunung di ujung sana adalah Gunung Fuji ^^

Setibanya di sana, kami di jemput oleh panitia Jenesys dan diajak naik ke lantai paling atas agar bisa melihat kota Tokyo dari ketinggian.

Halaman depan Tokyo Metropolitan Government Building


sekitar satu jam kami berkeliling dan berfoto di atas, kamipun turun dan melanjutkan perjalanan untuk beristirahat sejenak di 21 east Tokyo Hotel. kami diberi waktu istirahat sekitar 3 jam.
Jam 16.30 kami bersama-sama jalan kaki pergi ke tempat orientasi Jenesys, lumayan jalan kaki sekitar 15 menit, mencoba kebiasaan orang Jepang :D (dingin dan capek)

           Pulang dari orientasi
Pulang dari orientasi itu sudah malam, kamipun dinner di restoran dalam kompleks hote, makan enak siss tapi untung bukan makanan mentah, di hari-hari berikutnya baru deh dapet makanan mentah -,-" eyuhh.

Tgl 14/01/15
Jam 7.00 sarapan




Jam 9.30 pgi ke asakusa temple, kuil yg cukup tua di jpg






Tgl 15/01/15
Pagi ke shizuoka, naik shinkansen
Shizuoka, mengunjungi eiwa gakuin university
Ke hamamatsu mengunjungi ocha jyo, membuat n mnum teh hijo

Tgl 16/01/15
Ieyasu kun, suzuki plasa, Homestay, ktemu papa mama
Makan mlm crita

Tgl 17/01/15
Mkn pagi, Ke mall, mkn siang, pke kimono, buat kanji shatsu
Buat mkanan mkn mlm
Crita2 tntang kgiatan di indonesia

Tgl 18/01/15
Ke parking atas, Perpisahan dgn mamapapa, perform, workshop, packing

Tgl 19/01/15
Ke tokyo, naik shinkansen, berat bw2 tas, mkn siang di alice, presentasi


(TO BE CONTINUED)
capek nulis, nanti akan segera diselesaikan ceritanya :D

tentang action plan, hasil pengalaman dan perasaan

proses menggapai mimpi 2011-2015

suka duka meraih impian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar