Sabtu, 07 Mei 2016

Seleksi PPAN Sulsel 2016


"Use Your Youth As Good As Possible"

Apa itu PPAN??

Yahh pertama-tama mungkin harus dijelaskan secara singkat tentang seluk beluk ppan sebelum masuk ke cerita tentang suka duka seleksi nya :D 
Well, PPAN adalah singkatan dari Pertukaran Pemuda Antar Negara hmm..mungkin masih sedikit pemuda yang tahu tentang info ppan ini, apalagi mahasiswa2 angkatan muda yang masih polos dan lugu..haha 
PPAN ini adalah program dari dispora yang menantang pemuda-pemuda indonesia untuk menjadi duta bangsa!!! Huoohh sounds cool 😆😆 
Nah, tiap provinsi di seluruh indonesia tiap tahunnya mengirimkan 5 pemuda terbaik dari provinsinya untuk mengikuti program ini. Tiap tahun pula negara-negara pilihannya diubah-ubah, mungkin tergantung bagaimana kerjasama pemerintah tiap tahunnya. 
Negara-negara tersebut adalah Jepang, Korea, Kanada, Aussi, China, dan India. Setelah membaca sedikit info tentang PPAN ini, pasti sudah banyak yang penasaran dan tertarik ingin ikut kannnnn???? yahh secara bisa ke luar negeri gratis mengunjungi tempat-tempat keren diluar sana, apalagi bisa sosialisasi sama pemuda di seluruh indonesia.hmmm
Alumni PPAN ini akan menjadi anggota PCMI (Purna Caraka Muda Indonesia) 
Bukankah masa muda adalah masa berapi-api??? Kalau begitu dengan semangat berapi-api mari berbondong-bondong para pemuda di Sulsel untuk ikut seleksi PPAN ini !! 
oke..sekarang saatnya saya menceritakan pengalaman bagaimana situasi ketika saya masuk dalam alur seleksi tersebut..chekidotttts 👇👇👇 

Kamis 14/4/16 
Tes tertulis bhs.ing
Tes interview, bhs.ing/ind
Ada sekitar 200an orang pemuda sulsel berkumpul di aula kwarda pramuka sulsel. 
Tiap negara berbeda-beda jumlah pesertanya, ada 52, 85, 90, 42, dan ada juga yang hanya 37. 
Tahun ini Sulsel mendapatkan 5 negara yaitu Aussi, China, Jepang, Korea, dan India. Entah kenapa saya memilih negara india untuk jadi destination country saya. Tes hari pertama sangat mendebarkan dan melelahkan. Capek menunggu dan lapar. Sibuk menyusun kata-kata tapi lupa diucapkan ketika masuk tes..hhaaha -,- Tapi lumayan mungkin karna bisa bhs.ing jadi saya lolos tes tahap pertama. 


Sabtu 16/4/16
Tes interview english 
Tes bakat, pngetahuan budaya 
Tes wawasan kebangsaan 
Tes psikologi/agama 

Masuk 20 besar semakin mendebarkan. Tidak tau mau persiapkan dan belajar apa untuk tes wawasan. Hanya sibuk prepare perform. Tiba hari tes nya, baru sibuk cari info sana sini tentang wawasan. Semua orang sibuk masing-masing cari info di google tentang wawasan kebangsaan. Mulai dari menteri, presiden, sumpah pemuda, sampai pancasila berbahasa inggris. Disela-sela penantian panggilan tes, saya banyak bercerita dan bertemu teman-teman baru. Mulai dari yg lucu, pintar, lugu sampai sottak. 
Setelah melewati 4 tes, lumayan bosan mengulang kembali jawaban-jawaban, karna ternyata pertanyaannya di tiap pos hampir sama. "Kenapa pilih negara ini??"

Hmmm... Tes interview english lumayan lancar, mereka hanya ingin mengetahui sampai mana knowledge bahasa kita.
Tes bakat, saya menampilkan dua perform, perform pertama itu saya menampilkan tari tradisional 4 etnis, saya memakai pakaian adat makassar lengkap dengan perhiasannya, dapat dilihat pada gambar paling atas. 
Pada awal dimulainya tes bakat, cuaca diluar masih cerah, peserta masih dipanggil satu-persatu ke dalam ruangan tes, hanya disaksikan oleh para juri. Menjelang siang langit mulai mendung dan turun hujan, akhirnya semua peserta masuk ke ruangan. Perform disaksikan oleh semua peserta karna kondisi cuaca pada hari itu. saya pun mulai panik dan nerveous.
Gilirankupun tiba, sebenarnya penampilan tarian saya lumayan bagusss, tapi huahh bermasalah di speaker!! ada tiga kali saya mengulangnya, terhambat gara-gara speaker  -,- 
Setelah saya meminjam speaker teman dengan tergesa-gesa, akhirnya saya bisa menampilkan tarian saya hingga akhir. Herannya, saya dipanggil berkolaborasi. lahhh??
Sayapun mencuri perhatian semua orang dengan kolaborasi pemain gendang dari peserta negara china (tiba2 dipersatukan oleh juri)..haha
Dengan rasa sedikit malu plus kaget dan tidak tau apa-apa, saya mengikuti alunan gendangnya dan mencoba menari sesuai musik dengan gerakan yang indah.
Walau pada akhirnya musik perform kedua (marchingband) tidak bisa dimainkan (lagi-lagi gara-gara speaker),hanya bisa dinyanyikan sambil bergoyang..huff tapi stidaknya para juri terlihat terkesan dan sibuk memotret saya..yahh untung bendera nya berkibar dgn indah..tdk ta'loko ahaha
saya menampilkan gerakan colour guard dengan bendera double angel, musik lagu 'mari berkarya'.



Tes wawasan kebangsaan..ternyata oh ternyata..dari semua info yang kami cari di google, malahan hanya diberi pertanyaan seputar pendapat! dan disini sepertinya kita dituntut untuk pertahankan pendapat kita dan membela indonesia! 
Yah setidaknya dengan sibuk-sibuknya tadi cari info di google, bisa tambah pengetahuan.
Tes psikologi..Pewawancara nya itu dosen sastra Unhas..yaa bisa dibilang dulu ttd nya sangat diperlukan di transkrip..haha 
Tapi saya bingung dgn interview nya yang sangat singkat sm saya..entah knapa?? 
Ehh malah saya disarankan daftar ppan di provinsi sebelah, karena kampung orangtua saya disana..oke i'll try it next year pak!! Haha 
Walopun in the end, namaku tidak ada di pengumuman, saya tidak mnyesal sudah mencoba daftar dan mengikuti segala proses seleksi ppan sulsel ini!! Secara, pengalaman yg di dapat luar biassaaa..teman-teman baru yang di kenal juga orang-orang hebat, Disana kita memang lawan tapi tetap saling membantu. dan berjuang bersama-sama. Seperti pada saat saya sudah panik mencari speakre, ada yang dengan baik hati meminjamkan. Ada juga yang datang ke saya untuk pinjam peniti, setelah dia datang, ehh malah ada yang datang lagi, mereka sepertinya tahu saya bayak bawa peniti karna baju adat yang saya pakai jelas butuh peniti. Hmm mungkin saya bisa buka peminjaman peniti di sana..ahaha
Peserta yang datang bukan hanya dari makassar saja, bahkan ada dari pare-pare dan bone, serta surabaya! Saking semangatnya mereka, saya jadi terharu melihat perjuangannya. 
Dan ternyata orang-orang yang saya temani cerita-cerita disela-sela tes itu adalah orang-orang hebat, masuk 5 besar bahkan terpilih juga!! Amazing, gak kepikirannn haha..
yah mungkin saya juga termasuk dalam orang hebat itu..tapi belum rejeki..hoahh pembelaan :p 
Oke seperti itulah cerita tentang PPAN SulSel 2016
Semoga bermanfaat bagi yang ingin coba tahun depan!! Semangat anak muda!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar